Pada saat ini, kualitas layanan program studi terhadap mahasiswa dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif program studi. Apabila kualitas kinerja dosen buruk dalam aspek kesiapan mengajar, materi pengajaran, disiplin mengajar, evaluasi mengajar, kepribadian dosen, maka dalam jangka panjang daya saing program studi akan melemah dan sulit berkembang. Namun, kinerja yang berkualitas bukan pekerjaan mudah karena melibatkan banyak aspek. Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen Program Studi Pendidikan Agama Kristen merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) keilmuan program studi. Mahasiswa selain berperan sebagai input, mereka juga adalah stakeholder yang memanfaatkan jasa program studi. Oleh karena itu, kepuasan mahasiswa menjadi penting dalam konsep kinerja dosen.

Dalam menunjang VMTS Prodi PAK tersebut maka salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan memberikan kinerja dosen yang berkualitas kepada mahasiswa. Salah satu kegiatannya adalah pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran ini kegiatan yang sangat penting dalam rangka pencapaian kompetensi mahasiswa agar dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan. Kegiatan pembelajaran mahasiswa diharapkan lebih kreatif dan tepat waktu, sehingga dibutuhkan bimbingan akademik yang berkualitas dari para dosen.

UPPS sebagai supporting unit selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa. Pelayanan yang diberikan oleh Program studi antara lain yaitu kesiapan mengajar, materi pengajaran, disiplin mengajar, evaluasi mengajar, kepribadian dosen. Survei tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen ini dilakukan untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang mereka dapatkan. Hasil survei ini akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan Program Studi selanjutnya.